Rabu, 10 April 2013

Kepala kelurahan Malaka Jaya, Adakan Sosialisasi “Jakarta Baru” Program Gubernur Jokowi

Kepala kelurahan Malaka Jaya, Adakan Sosialisasi “Jakarta Baru” Program Gubernur Joko Widodo

Kegiatan Sosialisasi Kelurahan Malaka Jaya
Jakarta, MP
Kantor Kelurahan Malaka Jaya pada (9/04) dikunjungi puluhan Kepala lingkungan setingkat RT dan RW pasalnya Bapak Lurah A. Endin Kamsu Sos,  atau yang biasa akrab disapa Lurah Aceng, mengundang para wakil warga yang berada dibawah kepemimpinannya, guna mensosialisasikan program Gubernur Jakarta, Jokowi dalam rangka “Membangun Jakarta Yang Baru” serta bagaimana cara menjalankan roda Jakarta Baru,yang diselenggarakan di Aula Kelurahan Malaka Jaya. Kesibukan tampak terlihat manakala undangan sebagian belum juga hadir,Bapak aceng terlihat sibuk mondar mandir mengurus secara langsung keperluan rapat nanti, tak mau ketinggal MP pun meminta waktu beliau untuk wawancara seputar acara sosialsisasi tersebut.
Setelah semua terkumpul, Pak Lurah langsung membuka pertemuan dengan materi pembahasan seputar aktifitas RT dan RW sepekan, dan mengungkapkan kepada MP, bahwasanya ia sedang gencar mensosialisasikan berbagai kebutuhan yang menjadi bekal warga tentunya dengan informasi yang memadai, salah satu pembahasan yang Lurah sampaikan adalah.”Bagaimana agar sekiranya,  warga Malaka Jaya ikut  berperan aktif menjaga lingkungan seperti program kerja bakti yang dilaksanakan rutin, membangun serapan air hujan dan  tidak lupa kegiatan sosial,ucap Lurah.
Lurah pun mengungkapkan  secara tegas masalah pelayanan warga yang selalu ingin cepat, oleh karena itu Lurah memotifasi jajarannya untuk “tepat” menjawab kebutuhan, agar masyarakat menjadi senang dengan layanan yang ada, hingga senyum simpati datang dengan sendirinya. Lurah juga memuji, para RT dan RW  yang dinilai semakin kondusif, dalam mengurus kebutuhan warga oleh sebab itu Lurah perlu adanya laporan baik pertemuan warga, kerja bakti maupun aksi sosial yang dilakukan warga diwilayah masing masing.
Lurah ingin berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi atas dukungan dan anggaran APBD yang pernah di canangkan oleh Bang Foke (Fauzi Bowo -Red) yang hingga kini masihn diterima jajarannya,  setingkat Rw dan juga RT. Dilingkungan Malaka Jaya khususnya, saya akan terus memantau apa saja yang dilakukan oleh Kepala Lingkungan setempat, jadi setiap anggaran yang digunakan wajib disertakan bukti kwitansi / tanda terima,  baik itu untuk kepentingan konsumsi kerja bakti, rapat dan sebagainya sesuai dengan tata cara dan peraturan yang berlaku dan Aceng melarang keras penggunaan dana APBD yang diterima RT dan RW dilingkungan Malaka Jaya digunakan untuk hal pribadi. Selain itu Pak Lurah, mengajak seluruh jajaran yang berada dibawah kepemimpinannya, untuk meningkatkan Amal dan Sodaqoh yang mana kegunaan dari amal tersebut akan dikembalikan lagi kemasyarakat yang membutuhkan bantuan, ” Saya tidak akan menyentuh sepeser pun amal yang akan diberikan bisa langsung diserahkan ke Kesmas, dalam kesempatan itu Aceng menghimbau agar seluruh warga ikut beramal. Saya berjanji, akan terus meningkatkan kinerja di kantor kelurahan dan ia akan memonitor ecara langsung setiap kegiatan yang berada dilingkungannya.
Sebagai Lurah beliau menegaskan bahwa staf yang ada di kantor  Kelurahan,  tidak akan melayani segala bentuk adminsitrasi surat yang berhubungan dengan kepentingan birokrasi warga tanpa dibubuhi persetujuan dari tingkat RT dan RW, hal sebaliknya pun ditekankan, kepada RT dan RW dikelurahan Malaka Jaya untuk saling menegur dan mengingatkan apabila ada Warganya yang mengurus surat secara langsung tanpa kordinasi terlebih dahulu, seperti yang dikutip dalam pokok pembahasan. Kelurahan Malaka Jaya Jakarta Timur merupakan satu Kelurahan yang terbina sistematis, oleh sebab itu, Saya tidak ingin hal – hal yang seharusnya tidak terjadi, ada dibawah kepemimpinannya, salah satu kebijakan yang ia sampaikan kepada seluruh RT apabila ada warga yang sudah tidak bermukim dibawah wilayah setempat, maka RT berhak menyampaikan kepada warga tersebut untuk segera mengurus surat pindah, ke lingkungan baru  yang ditempatinya, Saya menjamin tidak akan ada yang “mempersulit” jika hal demikian terjadi silahkan laporkan ke Kantor Kelurahan. Maka saya sendiri yang akan mengecek kendala apa yang ada, dengan catatan harus sesuai dengan peraturan yang ada dilingkungan masing – masing, Lurah pun memerintahkan para stafnya untuk mengecek keabsahan SK (Surat Keputusan) RW dan RT serta mewajibkan Kepala lingkungan untuk memperlihatkan SK Asli apakah surat tersebut asli  dan masih berlaku atau ada yang sengaja mengedit isi dari SK tersebut.
Dalam hal pelayanan publik, Lurah mengungkapkan jika jajarannya khususnya Kelurahan Malaka Jaya sudah melaksanakan program Gubernur Jokowi, dalam hal layanan Masyarakat, bisa dipastikan bahwa Kantor lurah menyediakan layanan secara Face To Face (Berhadapan langsung-red) tanpa adanya pembatas seperti loket pada dulu kala.Perubahan Layout dan system pelayanan itu dikatakannya telah sehari ia menerima Instruksi Jokowi diterimanya, Saya sering mengamati kinerja yang ada dilingkungan kelurahan Malaka Jaya, bahkan secara kebetulan juga saya pernah mendapati seorang Calo KTP, yang berani berkeliaran dikantor Saya.” Setelah memergokinya secara langsung Saya mengintrogasi calo tersebut, tidak sampai disitu saya memerintahkan RT si calo untuk datang dan mengecek  apakah benar calo itu warganya. Hal tersebut lakukan agar masyarakat tahu, bahwa Malaka Jaya menolak aksi Calo, dan pungutan liar yang tidak sesuai dengan peraturan, Semoga  kejadian tersebut tak terulang kembali di lingkungan Malaka Jaya.
Dalam hal pembahasan kesehatan,kemarin baru saja saya berkunjung ke Ciawi, guna melakukan sosialisasi kesehatan berupa informasi  Kartu Sehat dan Kartu Pintar kepada Masyarakat yang membutuhkan melalui PKK  amanah, dan diteruskan ke Warga. Sudah menjadi bagian dari kinerjanya dalam menyusun program  kegiatan dan rutinitas, salah satunya adalah  “IKAKES“ Ikatan Bidan, Perawat Kesehatan, serta pengurus PKK, ia juga mengundang  pembicara dari RS Islam Jakarta Timur, agar diberi pencerahan kepada para peserta. Oleh karena itu Lurah mengajak seluruh warga Malaja Jaya “Mari bersama – sama kita dukung dan tingkatkan roda kemajuan Jakarta baru dengan beralaskan Doa dan niat pada Allah SWT, serta meningkatkan, kepedulian, kita terhadap sesama. dengan cara  saling memperhatikan, saling menegur, dan diharapkan semua  mendukung program yang ada agar Malaka Jaya semakin Jaya selalu.(Lest)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar